Bidang Kurikulum

Tahun Ajaran 2025/2026

Batik BackgroundBatik Background

PROLOG PROGRAM KURIKULUM

Prakata

Mengapa Pendidikan di Sini Berbeda?

Pernahkah Anda bertanya-tanya, apa yang membuat sebuah sekolah istimewa? Di SMPN 2 Katapang, jawabannya terletak pada kurikulum kami. Kami tidak hanya mengajar, tetapi juga membentuk karakter. Kami tidak hanya memberi ilmu, tetapi juga menanamkan kebiasaan baik. Kurikulum kami adalah panduan yang holistik, dirancang untuk melahirkan generasi yang tidak hanya cerdas, tetapi juga berakhlak mulia.

Pendidikan adalah investasi terbesar bagi masa depan bangsa. Oleh karena itu, kurikulum sebagai jantungnya pendidikan harus terus disempurnakan agar relevan dan mampu menjawab tantangan zaman. Program ini disusun sebagai pedoman operasional bagi seluruh pemangku kepentingan di sekolah, mulai dari kepala sekolah, guru, staf kependidikan, hingga orang tua dan peserta didik, dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dan berorientasi pada pembentukan karakter Profil Lulusan.

Pendidikan bukan hanya sekadar proses belajar-mengajar di dalam kelas. Kami berkomitmen untuk membentuk generasi penerus bangsa yang cerdas, berkarakter, dan peduli lingkungan.

Kurikulum kami dirancang secara holistik, menggabungkan pendidikan akademik dengan pembentukan karakter dan pembiasaan positif. Kami memiliki program-program unggulan yang menjadi ciri khas sekolah, di antaranya:

  • 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun): Program ini menanamkan nilai-nilai etika dan moral dalam setiap interaksi sehari-hari, menciptakan lingkungan sekolah yang ramah dan harmonis.
  • Sekolah Berbudaya Lingkungan dan Sekolah Sehat: Melalui program ini, kami membiasakan siswa untuk menjaga kebersihan dan kesehatan diri serta lingkungan, menjadikan SMPN 2 Katapang sebagai tempat yang nyaman dan asri untuk belajar.
  • Sekolah Literat (Berliterasi): Kami mendorong siswa untuk mencintai buku dan meningkatkan kemampuan membaca dan menulis. Kami percaya, literasi adalah kunci untuk membuka jendela dunia.

Target dan Capaian Kurikulum merdeka tahun ajaran 2025/2026

Melalui program ini, kami berupaya untuk:

  • Menguatkan Pembelajaran Mendalam (Deep Learning):Mendorong peserta didik untuk tidak hanya menghafal, tetapi juga memahami konsep secara utuh, menghubungkan antar konsep, dan menerapkannya dalam konteks nyata.
  • Mengembangkan Keterampilan Abad ke-21:Mengintegrasikan pembelajaran yang melatih kemampuan berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikasi (4C), termasuk pengenalan mata pelajaran pilihan seperti Koding dan Kecerdasan Artifisial.
  • Memperkaya Pembelajaran Kokurikuler dan Ekstrakurikuler:Menyediakan ruang bagi peserta didik untuk mengembangkan bakat dan minat mereka melalui kegiatan yang terintegrasi dengan pembelajaran di kelas.
  • Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Digital:Menjadikan teknologi sebagai alat bantu yang efektif untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan penilaian.

Kami menyadari bahwa keberhasilan implementasi program ini sangat bergantung pada sinergi dan kolaborasi dari seluruh pihak. Oleh karena itu, kami mengharapkan dukungan dan masukan yang konstruktif demi tercapainya visi dan misi pendidikan yang berkualitas.

Semoga program kerja ini menjadi acuan yang efektif dan membawa kemajuan signifikan bagi pendidikan di SMP Negeri 2 Katapang, serta berkontribusi dalam mencetak generasi emas Indonesia yang cerdas, berkarakter, dan siap menghadapi masa depan.

Tujuan Program

  1. Mengembangkan Kompetensi Inti:Memastikan setiap peserta didik memiliki kemampuan berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif.
  2. Membentuk Karakter sesuai Profil Lulusan:Menanamkan delapan dimensi profil lulusan beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia; berkebinekaan global; bergotong royong; mandiri; bernalar kritis; dan kreatif.
  3. Menanamkan Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat:Bangun pagi, beribadah, berolahraga, makan sehat dan bergizi, gemar belajar, bermasyarakat, dan tidur cepat.
  4. Meningkatkan Kualitas Pembelajaran:Menerapkan pembelajaran berdiferensiasi yang sesuai dengan gaya belajar dan kebutuhan masing-masing peserta didik.
  5. Mendorong Pengembangan Profesional Guru:Memfasilitasi guru untuk terus belajar dan berinovasi dalam metode pengajaran.

Struktur Program

Bidang KegiatanKegiatan UtamaJadwal PelaksanaanPenanggung Jawab
I. Intrakurikuler
A. Pembelajaran Berdiferensiasi
  1. Workshop Penyusunan Perangkat Ajar: Pelatihan bagi guru dalam menyusun modul ajar, asesmen, dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa.
  2. Supervisi Akademik: Kepala sekolah dan tim kurikulum melakukan supervisi reguler untuk memastikan penerapan pembelajaran berdiferensiasi di kelas.
Awal Tahun Ajaran
Sepanjang Tahun Ajaran
Tim Kurikulum, Guru Mata Pelajaran
B. Asesmen Diagnostik & Sumatif
  1. Asesmen Awal Tahun: Tes diagnostik kognitif dan non-kognitif untuk memetakan kemampuan dan minat siswa.
  2. Penggunaan Platform Asesmen: Guru memanfaatkan platform digital untuk asesmen formatif dan sumatif secara teratur.
Minggu Pertama Tahun Ajaran
Setiap akhir unit pembelajaran
Guru BK, Guru Mata Pelajaran
C. Pembiasaan
  • Upacara Bendera & Penumbuhan Nasionalisme
  • Karakter Anak Indonesia Hebat
  • Sekolah Sehat & Pendidikan Lingkungan Hidup
  • Literasi & Pendidikan Kepramukaan
  • Pembinaan Iman & Takwa

Kegiatan pendukung (Program Bupati, Guru Mengaji, Muatan Lokal Sunda).

Setiap hari / MingguanSemua Guru, OSIS/BK, Tim Sekolah Sehat, Tim Literasi
II. Kokurikuler
A. Penyusunan Kegiatan Kokurikuler Kolaborasi
  1. Penetapan Tema & Jadwal Kokurikuler:
    • Alamku Sumber Belajarku
    • Aku dan Lingkunganku
    • Kesehatanku
  2. Pembentukan Tim Fasilitator: Pembagian tugas fasilitator projek dari berbagai mata pelajaran.
Awal SemesterTim Kolaborasi, Kepala Sekolah
B. Pelaksanaan Projek
  1. Kegiatan Projek: Peserta didik mengadakan kunjungan ke TAHURA Dago sebagai studi lapangan.
  2. Laporan Hasil Kunjungan: Siswa membuat laporan hasil kolaborasi antar mata pelajaran.
Sesuai jadwal kokurikuler / Akhir SemesterSeluruh Guru, Peserta Didik
III. Pengembangan Bakat & Minat
  1. Penguatan Ekstrakurikuler Wajib (Pramuka): Mengintegrasikan nilai-nilai kepanduan dengan dimensi Profil Lulusan.
  2. Pengadaan Ekstrakurikuler Pilihan: Menawarkan ragam ekstrakurikuler berdasarkan minat siswa (mis. Paskibra, PMR, Seni Tari, Karawitan, Paduan Suara, Futsal, Bola Voli, Silat, Rohis, Literasi).
Setiap Minggu / Sesuai Kalender AkademikPembina Ekstrakurikuler, Guru & Pelatih
IV. Pengembangan Profesionalisme Guru
A. Komunitas Belajar (Kombel)
  1. Diskusi & Berbagi Praktik Baik: Guru secara rutin berbagi pengalaman dan tantangan dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.
  2. Workshop Internal: Pelatihan internal pada topik spesifik, mis. Strategi Mengajar Berbasis Projek atau Pemanfaatan Aplikasi Pembelajaran.
1x SebulanKoordinator Kombel
B. Kunjungan Belajar & Kolaborasi
  1. Musyawarah Guru Mata Pelajaran antar sekolah: Mengirim perwakilan guru untuk belajar dan berdiskusi langsung dengan sekolah lain.
  2. Webinar & Pelatihan Eksternal: Guru mengikuti webinar atau pelatihan dari sumber eksternal sebagai peserta atau narasumber.
  3. Loka Karya: Panen karya terbaik dari siswa dan guru (pameran/penilaian hasil karya).
1x SemesterKepala Sekolah / Tim Koordinator
  • Intrakurikuler: Meliputi pembelajaran berdiferensiasi, asesmen diagnostik dan sumatif, serta pembiasaan nilai-nilai karakter melalui kegiatan mingguan seperti upacara, literasi, dan pembinaan iman dan takwa.
  • Kokurikuler: Menguatkan kolaborasi antarguru dalam kegiatan projek tematik, seperti “Alamku Sumber Belajarku”, “Aku dan Lingkunganku”, dan “Kesehatanku”.
  • Ekstrakurikuler: Mengembangkan minat dan bakat siswa melalui kegiatan seperti Pramuka, Paskibra, PMR, Seni, dan Olahraga.
  • Pengembangan Profesionalisme Guru: Mengadakan komunitas belajar (Kombel), workshop internal, serta kolaborasi antar sekolah untuk memperkaya praktik pembelajaran.

Kami menyadari bahwa keberhasilan implementasi program ini sangat bergantung pada sinergi dan kolaborasi seluruh pihak. Oleh karena itu, kami mengharapkan dukungan dan masukan konstruktif demi tercapainya visi dan misi pendidikan yang berkualitas.

Semoga program kerja ini menjadi acuan yang efektif dan membawa kemajuan signifikan bagi pendidikan di SMP Negeri 2 Katapang, serta berkontribusi dalam mencetak generasi emas Indonesia yang cerdas, berkarakter, dan siap menghadapi masa depan.

TIM KURIKULUM SMPN 2 KATAPANG
Susilawati, S.Pd., M.M.Pd
Iis Maisah, M.Pd
Cecep Fery Fitra Gumilar, S.Pd
Yati Karyati, S.Si